Alasan Dibalik Mengapa Sekolah Wajib Mengenakan Seragam

sekolah wajib berseragam
sekolah wajib berseragam

Mengenakan seragam sekolah memang tidak semua diwajibkan pada beberapa negara, akan tetapi kebanyakan negara menerapkan aturan wajib mengenakan seragam sekolah. Lantas, apa alasan mengapa wajib mengenakan seragam? terkadang itu terjadi di dalam benak kita. Terutama pada saat masa-masa remaja yang tengah duduk di bangku sekolah, pasti pertanyaan tersebut akan sering terngiang-ngiang dikepala. Ibu dan bayi

Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwasanya seragam sekolah hanya untuk keperluan identitas saja. Padahal mengapa sekolah wajib mengenakan seragam bukan hanya untuk kebutuhan identitas saja, tetapi banyak juga alasan-alasan lain mengapa mengenakan seragam sekolah itu wajib. Seperti beberapa alasan dibawah ini

  • Disiplin

Untuk mewujudkan sebuah kedisiplinan tentu tidak akan mudah, sampai terkadang perlu adanya aturan yang keras untuk membuat semua itu terlaksana. Oleh karena itu, pada saat anda bersekolah mengapa wajib mengenakan seragam adalah untuk melatih kedislipinan. Sebab pada saat anda mengenakan seragam sekolah yang telah ada pada peraturan sekolah, menunjukkan bahwasanya diri anda telah mengikuti arus kedisplinanan karena tidak melanggar peraturan yang telah ditetapkan sekolah.

  • Membedakan tingkatan

Fungsi dari seragam adalah untuk membedakan tingkatan sekolah, lantaran seperti namanya yakni “seragam” atau satu ragam, yang secara tak langsung menunjukkan bahwasanya setiap tingkatan perlu berbeda dari tingkatan lain dan harus diseragamkan. Seragam juga tidak hanya dipergunakan untuk sekolah saja, melainkan juga seringkali dipakai untuk pembeda tingkatan pada aspek pekerjaan seperti pabrik, dinas perkantoran, dan masih banyak lagi.

  • Seragam bersifat menyatukan

Maksudnya dari bersifat menyatukan adalah pada saat bersekolah tidak akan ada terlihat kesenjangan soial antar orang ekonomoninya rendah dan ekonominya tinggi. Sebab seragam dapat menyatukan semua orang dari berbagai kalangan agar membentuk suatu kesatuan tanpa adanya perbedaan, sehingga terciptalah persahabatan tanpa adanya faktor kesenjangan.

  • Membentuk profesionalisme

Arti dari seragam sekolah membentuk profesionalisme sebab poin tersebut sebenarnya sangat berkaitan dengan sebuah kedisiplinan. Sebab dengan adanya seragam sekolah yang dikenakan, seorang siswa akan diajari untuk memahami arti sebuah ke profesionalan akan status dan menunjukkan apa posisi tindakan seorang siswa yang harus dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *